PELAYANAN SENAM DIABETES MELITUS UNTUK PASIEN RAWAT INAP DIABETES MELITUS DI UPTD PUSKESMAS TEGALAMPEL

Diabetes mellitus (DM) atau kencing manis menjadi ancaman serius bagi pembangunan kesehatan akibat komplikasi yang ditimbulkannya seperti kebutaan, gagal ginjal, kaki diabetes (gengrene) sehingga harus diamputasi, penyakit jantung, dan stroke.

Ada tiga terapi pengobatan penyakit diabetes mellitus. Yaitu menjalani pola hidup sehat, rutin senam diabetes dan minum obat. Namun obat bukan terapi utama untuk Penderita diabetes. Oleh Karena itu, penderita diabetes dianjurkan untuk melakukan senam diabetes secara rutin 3-4 kali seminggu.

UPTD Puskesmas Tegalampel melakukan kegiatan senam DM, jika ada pasien yang menjalani rawat inap dengan diagnosa Diabetes Melitus. Olahraga akan meningkatkan sensitivitas insulin melalui perbaikan metabolisme glukosa dan metaboisme lemak. Intensitas senam yang tinggi akan meningkatkan sensitivitas insulin terutama melalui perbaikan metabolisme glukosa.

Dalam jangka panjang senam mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah, memperbaiki profil lemak, menurunkan tekanan darah dan menanggulangi kegemukan. Penderita yang diutamakan dalam latihan senam ini adalah penderita yang belum menggunakan insulin.

Disamping memberikan manfaat untuk menurunkan glukosa darah dan perbaikan profil lipid, senam juga memberi manfaat untuk mencegah komplikasi

Senam DM dilakukan dengan melibatkan tangan dan kaki. Salah satu gerakan senam diabetes melitus yang melibatkan tangan adalah mengangkat tangan kanan ke kanan, tubuh selurus bahu, sementara tangan kiri di tekuk hingga telapak tangan mendekati dada. Gerakan ini dilakukan secara bergantian.

Selain senam, ada beberapa jenis olahraga lain yang cocok untuk penderita diabetes, di antaranya : Hiking, berenang, yoga dan berjalan kaki.

Walaupun olahraga menjadi salah satu cara menurunkan kadar glukosa dalam darah, rupanya hal itu harus diimbangi dengan kemampuan penderita diabetes untuk mengatur pola makan sehari hari diantaranya adalah

1. Jauhi makanan yang berlemak dan makanan manis

2. Kontrol porsi makan

3. Jangan melewatkan waktu makan

4. Tingkatkan asupan serat

5. Pilihlah makanan dengan indeks glikemik rendah

6. Perbanyak minum air putih

7. Jaga berat badan tetap ideal

 

 

PELAYANAN: Petugas medis UPTD Puskesmas Tegalampel sedang memberikan contoh senam DM kepada pasien

Share Berita Ini